Tips Jual Rumah Dengan Cepat

Jual rumah memang merupakan transaki besar dan tidak gampang dilakukan. Tapi bukan berarti tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk mempermudah.

Menjual rumah memang proses yang gampang gampang susah. Banyak alasan orang tidak mau membeli suatu rumah, bisa jadi karena harganya yang terlalu tinggi, tidak cocok dengan model rumah, lingkungan sekitar bising, Karena selera tiap orang berbeda-beda, karne itu diperlukan kiat extra untuk menjual rumah agar dapat lebih cepat laku.

Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Rumah

Sebagai penjual maka perlu untuk mengetahui hal apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan calon pembeli untuk membeli sebuah rumah.

  • Harga
    Biasanya harga merupakan hal pertama yang dipertimbangkan oleh calon pembeli. Pasti mereka akan mencari rumah yang harganya sesuai dengan budget mereka. Misalnya saja calon pembeli memiliki budget uang 700 juta untuk rumah, tapi rumah yang dijual seharga 1,5 Miliar maka si calon pembeli akan mencari rumah yang lain karena harga rumah jauh dari budget yang ada.
  • Lokasi
    Banyak orang yang mencari rumah di lokasi tertentu, entah karena dekat kantor, suasana yang nyaman, atau bisa juga untuk bisnis. Semakin strategis lokasi rumah (dekat tempat perbelanjaan, bebas macet,dll) maka semakin mahal juga harga rumah.
  • Tipe rumah
    Tipe bangunan rumah seperti minimalis atau yang memiliki taman memiliki peminat  yang berbeda. Jadi calon pembeli akan mencari tipe rumah yang sesuai dengan keinginannya.
  • Prospek ke depan
    Bagi seorang investor maka mereka akan mencari rumah yang harganya dapat naik ke depannya, biasanya prospek ditentukan dari rencana pengembangan di daerah tersebut.

Jual Rumah

Tips menjual rumah

  1. Perhatikan kondisi rumah
    Sebelum menjual rumah perhatikan terlebih dulu apakah tampilan rumah jika dilihat dari luar menarik atau tidak. Jika rumah sudah tidak terurus dan tertutup rumput tentu menghilangkan minat  orang untuk membeli, bahkan tidak mau melihat. Karena itu bersihkan terlebih dulu rumah sebelum dijual supaya orang tertarik untuk melihat rumah tersebut dan akhirnya mulai melakukan penawaran.
  2. Harga yang sesuai
    Hal ini merupakan alasan yang paling mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli rumah, meskipun sudah merasa cocok dengan sebuah rumah tapi jika harganya jauh melebihi harga umunya tentu saja akan menghilangkan minat untuk membeli. Periksalah harga rumah daerah sekitar untuk mencari pasaran rumah daerah tertentu, kemudian jangan berikan harga yang jauh diatas harga pasaran.
  3. Memasang di situs properti
    Situs properti seperti rumah.com atau rumah123.com dapat membatu untuk menawarkan rumah ke setiap pengguna yang mengunjungi situs tersebut.
  4. Foto rumah yang menarik
    Jika anda memasarkan rumah secara online, maka sebisa mungkin berikan foto detail rumah sampai dalam-dalamnya agar calon pembeli bisa mengetahui gambaran umum kondisi rumah dari gambar. Calon pembeli lebih suka informasi yang mendetail dan jelas, hal tersebut juga menandakan bahwa pemilik rumah memang berniat untuk menjual.
  5. Jasa agen
    Jika masih belum terlalu mengerti proses jual beli rumah maka bisa dengan menggunakan jasa agen properti. Memang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar komisi agen, tapi transaksi jadi lebih aman dan untuk urusan dokumen, notaris dan lain-lain akan dibantu oleh agen.
  6. Pasang banner
    Banner yang dipasang di pagar rumah memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menjual rumah. Jangan memasang banner terlalu besar sampai mentupi rumah, atau jangan juga terlalu kecil sampai tidak terlihat. Hanya saja jika memasang banner di depan rumah kemungkinan akan mendapat banyak  telepon masuk dari para agen properti yang menawarkan jasa mereka.
  7. Iklan koran
    Media koran merupakan iklan yang cukup efektif untuk menjual rumah, karena banyak orang yang mencari rumah dari koran.

 

Hal diatas merupakan beberapa tips jual rumah yang mungkin dapat memudahkan untuk menjual rumah agar lebih cepat laku. Memang perlu waktu untuk menemukan pembeli yang tepat untuk sebuah rumah. Selama rumah yang dijual memiliki semua kriteria yang dicari oleh calon pembeli maka kemungkinan rumah untuk terjual akan menjadi besar. Pastikan saja semua sertifikat dan surat-sruat yang diperlukan untuk transaksi sudah lengkap.

Leave a Reply

error: Content is protected !!