Tips Dalam Investasi Property

Investasi Property – Investasi property merupakan salah satu investasi yang cukup potensial karena kenaikan harganya cukup tinggi. Setiap tahunnya harga property selalu naik, ditambah lagi jika lokasi property ada di daerah strategis dan kawasan yang ramai.

Seperti di jakarta misalnya, kenaikan property di jakarta sangatlah cepat, hal ini disebabkan karena makin berkurangnya tanah yang bisa dibangun sedangkan jumlah penduduk semakin padat. Karena alasan ini juga sekarang banyak developer yang membangun apartemen residensial untuk menghemat lahan.

Sekarang anda akan dapat melihat pembangunan developer yang dilakukan dimana-mana khususnya pulau jawa (kebanayakan ada di jakarta dan surabaya). Maka itu investasi property merupakan salah satu langkah yang cocok untuk dijalankan. Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer, jadi tidak mungkin permintaan untuk tempat tinggal ini dapat menurun.

bisnis

Jenis property

Banyak sekali juenis property yang bisa dijadikan investasi

  • Kavling
    Kavling berupa sebuah lahan kosong dengan yang disertai dengan sertifikat, salah satu kelebihan dalam berinvestasi kavling adalah tidak perlu repot untuk mengelola, cukup dibiarkan sampai nilai property meningkat. Kavling yang terletak di daerah ramai (terutama untuk bisnis) akan mengalami keningkatan yang luar biasa nantinya.
  • Rumah
    Investasi rumah ini bisa digolongan menjadi 2, yaitu sewa dan jual. Jika menyewa maka tentukan harga sewa yang dapat berubah-rubah setiap tahunya. Menyewakan rumah biasanya bertujuan untuk mendapatkan penghasilan selagi menunggu nilai property yang naik, jadi property tidak dibiarkan begitu saja. Jika menjual rumah maka biasanya rumah akan direnovasi terlebih dulu supaya terlihat lebih bagus dan layak untuk ditinggali sebelum dijual.
  • Ruko
    Seperti namanya, ruko (rumah toko) ditujukan kepada orang yang ingin membuka suatu usaha. Tentu saja hal utama yang menentukan nilai dari sebuah ruko adalah lokasi ruko dan luas bangunannya, semakin strategis letaknya (berada di keramaian) maka semakin mahal harga ruko tersebut.
  • Apartemen
    Bangunan yang mulai banyak dibangun ini sudah menjadi target dari para investor yang ingin meraup keuntungan dari kenaikan harga tersebut. Harga apartemen saat sebelum dibangun akan jauh lebih murah dibandingkan saat apartemen sudah jadi dan siap ditinggali (harga apartemen akan naik jauh). Untuk itu dalam membeli apartemen perlu memprediksi apakah lokasi pembangunan apartemen tersebut akan dapat menambah nilai jualnya atau tidak.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi Property

  1. Lokasi
    Semua pasti sudah mengetahui kenapa lokasi merupakan hal utama yang perlu dipertimbangkan. Lokasi sangat menentukan besar kecilnya nilai sebuah apartemen, suatu apartemen akan sangat diminati orang-orang jika lokasinya berada di tengah-tengah kawasan bisnis. Lokasi yang terbaik adalah lokasi yang akan dikembangkan secara besar-besaran, karena dengan demikian anda akan dapat membelinya saat harga masih tidak terlalu mahal dan bisa menjualnya saat harga sudah menjadi tinggi.
  2. Nama Developer
    Tidak hanya lokasi saja, developer yang membangun sebuah property harus dijadikan salah satu pertimbangan. Karena developer yang sudah memiliki nama dan sering membangun suatu projek baik apartemen ataupun perumahan tentu kualitasnya bisa diketahui dari projek-projek sebelumnya. Misalnya saja PP, developer ini sudah terkenal di seluruh indonesia dan mereka berani menjadi kualitas dari property yang mereka jual. Dan lagi orang pasti akan mempertanyakan kualitas dari developer yang belum pernah mereka dengan sebelumnya.
  3. Sewakan terlebih dulu
    Daripada sebuah apartemen atau rumah hanya dibiarkan saja, lebih baik sewakan saja selama anda masih belum ada keinginan untuk menjualnya. Dengan demikian anda akan mendapatkan keuntungan dari sewa sekaligus harga jual apartemen tersebut.
  4. Tentukan keuntungan minimal sebelum menjual
    Ada baiknya jika melakukan sedikit perhitungan sebelum menjual sebuah property, tentukan keuntungan yang diinginkan dan jangan jual property anda jika keuntungannya belum mencapai angka yang anda inginkan.
  5. Kenaikan harga rumah lebih tinggi daripada apartemen
    Biasanya nilai rumah akan lebih cepat naik dibandingkan dengan nilai jual apartemen karena harga yang dihitung adalah harga dari tanah dan bangunan. Tapi hal ini hanya perkiraan, bisa jadi harga suatu apartemen melonjak lebih tinggi daripada rumah.

Jika anda belum pernah berinvestasi di bidang property sebelumnya maka lebih baik mencari agen untuk diajak berkonsultasi, dan pikirkanlah baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli sebuah unit property.

Leave a Reply

error: Content is protected !!