Rahasia Simpel Berbisnis Makanan

Berbisnis makanan – Makanan merupakan bisnis yang umurnya sangat panjang atau bahkan tidak terbatas. Kenapa? karena makanan adallah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap orang, jadi permintaan yang muncul untuk makanan akan selalu ada dan terus bertambah dengan makin banyaknya jumlah penduduk yang ada.

Semua makanan memiliki peminat entah itu tradisional, makanan modern, atau bahkan makanan daerah barat seperti pasta. Setiap orang memiliki seleranya masing-masing.

Dalam berbisnis makanan terlebih dulu diperlukan sebuah survey untuk menentukan jenis makanan apa yang cocok untuk dipasarkan dalam sebuah lokasi tertentu. Hal ini tentu harus dilakukan karena bisnis makanan tidak akan sukses jika selera orang di daerah sekitar tidak sesuai dengan jenis makanan yang dijual.

Tidak hanya makanan, namun minuman juga bisa menjadi salah satu pihian untuk mengembangkan sebuah bisnis,

berbisnis makanan

Bisnis Makanan Dengan Modal Kecil

Untuk memulai bisnis ini modal yang diperlukan bisa bervariasi, ini juga merupakan salah satu kelebihanya karena modal yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan. Berikut ini beberapa contoh bisnis makanan dan minuman yang bisa dimulai tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

  1. Membuka depot sederhana
    Jika memiliki hobi memasak maka bisa dimanfaatkan untuk peluang bisnis, jangan beranggapan kalau orang tidak suka dengan masakan anda tapi cobalah terlebih dulu. Banyak juga orang yang suka dengan jenis masakan rumahan, masakanya tidak harus rumit, masakan seperti nasi goreng, tumis sayuran atau ayam goreng sudah cukup untuk membuka sebuah tempat makan. Tentu saja rasanya harus bisa diterima.
  2. Warung kopi
    Kalau tidak mau repot untuk memasak berbagai jenis masakan maka bisa juga dengan membuka sebuah kedai / warung kopi. Cukup siapkan tempat yang nyaman untuk para pekerja beristirahat dan bisa santai sejenak, seperti namanya warung kopi tentu saja menyediakan kopi dan minuman lainya yang gampang dibuat seperti teh atau minuman sachet. Sediakan juga kue atau gorengan sebagai makanan pendamping saat bersanati minum kopi (tentu saja dipungut biaya).
  3. Jus buah
    Aneka jus dapat menarik perhatian orang terutama saat siang hari, rasa panas dan gerah membuat orang mencari minuman yang bisa menyegarkan tenggorokan mereka. Jus buah sangatlah gampang pembuatanya dan alat yang diperlukan hanya mixer dan gelas, dan bahan kebanyakan memakai susu, es batu, gula dan buah. Misalnya saja ada tempat makan di daerah anda yang hanya menyediakan minuman seperti es teh, maka bisa dimanfaatkan untuk membuka stand jus di dekat situ.
  4. Roti bakar
    Roti juga merupakan makanan yang banyak disukai orang indonesia, selain mengenyangkan harga roti juga tergolong murah. Sediakan rasa yang beraneka ragam untuk memberikan pilihan rasa kepada pembeli. Jenis kue seperti terang bulan (atau biasa disebut juga martabak manis) bisa juga untuk dijual. Yang diperlukan disini adalah mencari supplier roti dan bahan-bahan lainya, usahakan jangan sering berganti merk yang digunakan karena dapat mempengaruhi rasa.
  5. Katering
    Bisnis model katering sedikit berbeda dengan depot, katering biasanya hanya melayani pesanan dalam jangka waktu tertentu (mingguan atau bulanan). Katering biasanya menargetkan kepada pekerja kantoran atau mahasiswa yang tidak sempat untuk membuat ataupun mencari makan sendiri. jadi sistemnya tiap pagi akan diantarkan jatah makanan untuk seharian dan dilakukan rutin selama satu bulan. Dan harga cenderung lebih murah daripada harga makanan di depot. Biasanya pemilik bisnis katering akan membuat pilihan menu selama 1 bulan penuh (biasanya ada 2 macam menu perharinya) supaya pembeli bisa memiliki menu mana yang lebih disukai.

Masih sangat banyak lagi bisnis makanan yang bisa dijalankan, akan lebih bagus lagi jika makanan yang dijual memiliki keunikan sendiri. Namun perlu diingat kalau dalam berbisnis diperlukan kesabaran apapun itu jenis bisnisnya, karena bisnis makanan memerlukan waktu supaya orang sekitar mengenal tempat usaha anda dan membantu untuk merefrensikan kepada teman-temanya jika mereka suka dengan makanan atau minuman yang anda jual.

Word of mouth atau promosi secara mulur ke mulut adalah cara yang paling efektif untuk membuat usaha/ bisnis anda semakin dikenal dan disukai.

Leave a Reply

error: Content is protected !!