Ini Dia Cara Berbisnis Property Yang Ampuh

Cara berbisnis property – Bisnis property bisa dikatakan bisnis yang susah susah gampang, kenapa? karena untuk menjual sebuah property baik itu apartemen atau rumah diperlukan pembeli yang cocok dan pas. Nah untuk mencari pembeli itulah yang memerlukan kesabaran dan proses.

Cara berbisnis property

Faktor Pendorong Seseorang Membeli Property

Tapi bisnis ini layak untuk dijalankan, karena tempat tinggal merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Cukup banyak alasan yang mendorong seseorang untuk pindah atau membeli rumah yang baru. Berikut beberapa alasanya:

  1. Mau berkeluarga
    Setiap tahun pasti ada banyak pasangan yang baru menikah, pasangan tersebut tentu tidak bisa terus tinggal bersama orang tuanya atau sudah terlebih dulu menyiapkan rencara tempat tinggal untuk kedepannya.
  2. Investasi
    Membeli sebuah property tidak selalu untuk ditempati sendiri, tapi banyak juga orang yang membeli sebuah property karena melihat nilai property tersebut akan naik dan menguntungkan jika dijual lagi nantinya. Maka dari itu sudah tidak aneh lagi jika seorang pebisnis yang sudah berkecukupan memiliki 4-5 unit apartemen yang dibiarkan kososng atau disewakan untuk sementara sambil menunggu harga property tersebut sudah tinggi kemudian menjualnya.
  3. Imigrasi
    Jika seseorang datang dari luar pulau untuk mencari pekerjaan maka pasti belum meiliki tempat tinggal. Orang ini dapat menjadi salah satu calon pembeli property.
  4. Rumah terlalu sempit
    Seiring berjalannya waktu maka sebuah keluarga akan bertambah (anak-anak) dan jika rumah yang dimiliki memiliki jumlah kamar yang kurang, maka hal ini bisa jadi pemacu seseorang untuk membeli rumah yang baru.
  5. Bisnis
    Pembelian property bisa juga terjadi karena adanya keperluan bisnis, biasanya karena bisnis memerlukan sebuah kantor atau tempat untuk meeting  untuk dapat beroprasi.

5 Alasan diatas merupakan alasan utama kenapa orang membeli sebuah property. Dan lagi nilai property akan selalu naik setiap tahunya dan lahan juga akan bertambah sedikit, jadi perlu memiliki property secepat mungkin agar tidak kehabisan lahan yang tersedia.

Cara Menjalankan Bisnis Property

Dalam hal ini yang dimaksud cara menjalankan bisnis property adalah bagaimana caranya supaya dapat menjual rumah (terutama bagi agen property). Diharapkan bisa membantu.

  1. Kumpulkan listing
    Listingan adalah data rumah di daerah tertentu yang dijual, biasanya dalam data tersebut tercantum berapa luas rumahnya, harga, luas tanah, dan jenis sertifikatnya. Semakin banyak listing yang dimiliki maka semakin banyak pula potensi untuk dapat menjual sebuah property.
  2. Banner
    Banner merupakan media iklan yang paling efektif dibandingkan media iklan lainya (koran, majalah, dll). Karena banner merupakan visual secara langsung bagi orang yang melihat lihat lokasinya.
  3. Product knowledge
    Ketahuilah update informasi mengenai property yang sedang ada sekarang. tidak perlu tahu secara detail, tapi paling tidak mengetahui apa saja poduk property yang sedang dibangun, kisaran harga property di berbagai daerah. Jika mengetahui hal-hal yang umum maka orang akan mendapat informasi dan membuat sang penjua semakin dapat dipercaya.
  4. Rajin membaca informasi
    Bacalah informasi yang ada pada koran, jadi setidaknya kita dapat mengetahui berbagai macam rumah yang dijual, daerah mana yang banyak menjual rumahnya hanya dari sebuah iklan (kebanyakan di koran atau internet). Kalau perlu juga anda bisa menghubungi orang yang bersangkutan untuk menanyakan secara lebih detail.
  5. Promosi
    Promosikan property yang dijual dengan berbagai macam cara, beberapa cara bahkan tidak memerlukan biaya seperti beriklan di website property (misalnya saja OLX), pembuatan akun di web tersebut tidak memerlukan biaya dan bisa dipakai untuk mempromosikan property secara gratis.
  6. Pameran
    Jangan lewatkan jika diberikan kesempatan untuk menjadi salah satu penjaga stand property di sebuah pameran, selain tidak memerlukan biaya dalam pameran bisa mendapat beberapa data calon pembeli untuk ditawarkan beberapa produk property. Tapi biasanya yang mendapat kesempatan ini hanyalah agen property yang bergabung dengan kantor (AREBI).

Itulah beberapa cara berbisnis property yang dapat diberikan, memang masih banyak faktor yang menentukan dalam keberhasilan menjual sebuah property tapi dengan melakukan hal diatas paling tidak dapat meningkatkan kemungkinan sukses. Bagi yang tertarik dan ingin berhasil selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

error: Content is protected !!