Aplikator Foundation : Spons, Jari Tangan atau Kuas?

Aplikator Foundation : Spons, Jari Tangan atau Kuas? – Apakah  anda menyadari akhir-akhir ini semakin banyak aplikator make up yang di jual di pasaran, mulai dari beragam bentuk brush maupun spons yang berwarna warni. Saat ini kita akan membahas aplikator untuk foundation, mana yang anda pilih, spons, jari tangan atau kuas? Masing- masing aplikator punya kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri, Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk memilih mana yang paling sesuai dengan keinginan anda.

1.Spons
make-up-spons

Spons punya banyak bentuk, ukuran serta berwarna warni, misanya beberapa nama spons berdasarkan bentuknya yaitu, wedges, teardrop (seperti tetesan air), acorns (seperti biji) ataupun beauty blender lainnya. Beberapa memilih dan menyukai spons, sebagian lagi tidak suka menggunakan spons. Perlu diingat untuk sering-sering mencuci spons setelah digunakan dengan air hangat dan shampoo bayi yang lembut untuk menjaga agar spons tetap bersih dan tidak menyebabkan jerawat.

Kelebihan jika menggunakan spons adalah anda bisa mengontrol serta meratakan seberapa banyak foundation yang anda gunakan dari pada menggunakan jari-jari anda, sehingga menghasilkan foundation yang ringan, tipis dan natural. Anda bisa merendam spons sebelum digunakan, lalu gunakan dengan kondisi lembab (sedikit basah) sewaktu menggunakan foundation, hal ini memudahkan anda untuk meratakan dan mengcover wajah, sehingga hasil make up anda bisa natural, bercahaya, dewy look. Selain itu spons tidak terlalu mahal, dibandingkan dengan kuas, anda bisa menggunakan ujung yang lancip dari spons untuk memudahkan menjangkau suduh dan celah yang sulit dijangkau.

Kekurangan menggunakan spons adalah, spon cepat menyerap foundation anda, sehingga anda boros foundation, karena spons bersifat menyerap cairan, jika kulit anda tidak dipersiapkan dengan baik sebelumnya seperti menggunakan pelembab dan primer, maka bisa membuat kulit kering menjadi terkelupas. Selain itu jika spons sudah berkali-kali di cuci dan rusak maka perlu diganti sehingga tidak ramah lingkungan.

2. Jari Tangan

Anda bisa menggunakan jari anda sendiri untuk aplikasi foundation.

Kelebihannya adalah, anda tidak perlu membayar untuk membeli aplikator ini, selain itu anda lebih praktis, dan tidak ada barang tambahan yang perlu di bawa. Selain itu anda juga lebih menghemat foundation anda, karena tidak akan terserap seperti jika anda menggunakan spons. Jari tangan anda membantu “menghangatkan” foundation yang anda pakai sehingga bisa membaur dan merata dengan sempurna.

Kekurangannya adalah, menggunakan jari anda untuk aplikasi foundation bisa berantakan, sehingga tangan anda akan penuh foundation, pastikan tidak tercampur dengan produk lain jika anda menggunakan tangan anda untuk membaur produk lainnya, contohnya eyeshadow, hal ini akan membuat hasil eyeshadow anda ikut berantakan. Terkadang anda sulit mengontrol foundation yang digunakan, sehingga hasil nya kurang rata atau ketebalan, sehingga hasil make up anda terlihat cakey atau berat. Selalu pastikan tangan bersih sebelum anda menyentuh wajah, karena dapat menyebabkan jerawat. Untuk jenis kulit berminyak terkadang aplikasi foundation dengan jari tangan malah menambah minyak di wajah anda.

3.Kuas
make-up-kuas

Kuas untuk aplikasi foundation memiliki banyak bentuk dan macam, terkadang anda harus menggunakan lebih dari satu macam kuas, tergantung pada bagian wajah mana yang akan di beri foundation. Pilihkan bulu kuas sintesis untuk produk yang berbentuk liquid ataupun cream.

Kelebihan menggunakan brus adalah, Bila anda bisa menggunakan kuas dengan benar, maka anda bisa cepat mengaplikasikan foundation. Kuas bisa membaurkan foundation dengan baik karena cakupannya yang besar, sehingga hasilnya bisa bagus dan merata. Selain itu kuas lebih higienis di bandingkan dengan jari tangan. Anda bisa dengan mudah menambahkan layer per layer foundation dan tetap bisa mengontrol dengan baik sehingga foundation bisa mengcover tetapi tidak cakey. Kuas juga bisa menjangkau bagian-bagian wajah yang susah dijangkau.

Kekurangannya adalah, harga kuas dengan kualitas bagus termasuk mahal, ditambah dengan anda memerlukan beberapa macam bentuk kuas untuk menjangkau bagian-bagian atau celah tertentu  pada wajah. Anda harus menyimpan kuas dengan benar, karena tidak seperti spons maupun jari tangan, brush bisa rusak dan patah selain itu bulunya akan rusak jika posisinya tidak tepat. Jika anda tidak bisa menggunakan kuas dengan benar, hasil make up anda akan meninggalankan garis-garis atau terkadang bulu kuas yang rontok tertinggal pada wajah anda.

 

Banyak make up artist menggabungkan ketiga aplikator diatas tergantung jenis produk dan hasil make up yang mereka inginkan. Anda bisa menggunakan kuas terlebih dahulu, lalu meratakan dengan spons ataupun jari tangan anda. Tidak ada yang salah atau benar dengan pilihan anda, melainkan pilihkan mana yang menurut anda nyaman dan anda sukai, selain itu pilihkan aplikator sesuai dengan kondisi anda.

Incoming search terms:

  • aplikator foundation untuk kulit berminyak

Leave a Reply

error: Content is protected !!