8 Tips Merawat Gigi Agar Putih dan Sehat

Tips merawat gigi – Sehat itu bukan hanya memiliki badan ideal saja, namun gigi dan mulut juga harus terjaga kesehatannya. Dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat, anda akan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Anda tentu akan lebih senang melihat seseorang yang tersenyum daripada seseorang yang cemberut. Senyum merupakan daya tarik yang dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah didekati. Ketika seseorang tersenyum, bagian yang akan terlihat adalah gigi, maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap putih, gigi tidak berlubang dan tersusun rapi. Selain merawat gigi, jangan lupa untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah agar tidak menimbulkan bau mulut.

kesehatan

Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Merawat Gigi

Berikut ini beebrapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat gigi agar selalu sehat.

  1. Rajin sikat gigi
    Hal ini sudah pasti menjadi inti dari perawatan gigi, minimal anda harus menyikat gigi bangun tidur dan sebelum tidur. Karena seperti halnya bagian tubuh lainya gigi juga memerlukan perlawatan agar dapat terlihat bersih dan sehat. Anda tentunya tidak mau dijauhi oleh teman-teman karena memiliki kuning dan bau.
  2. Hindari Tusuk gigi
    Biasanya setelah selesai makan, ada sebagian makanan yang masuk dalam celah-celah gigi. Hal ini dapat mengganggu dan dapat merusak gigi jika dibiarkan terlalu lama. Untuk mengatasinya jangan menggunakan tusuk gigi, tapi gunakanlah dental floss (benang untuk membersihkan gigi). Kenapa harus dental floss? Karena dental floss dapat meminimalkan terjadinya gesekan dan benturan pada gigi dan gusi.
  3. Berkumur menggunakan obat kumur
    Obat kumur dapat membantu untuk menghilangkan plak pada gigi dan membersihkan karang gigi. Tidak harus melakukannya tiap kali sikat gigi tapi paling tidak lakukanlah 2 hari sekali untuk menjaga kebersihn sela-sela gigi yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi.
  4. Hindari makanan manis
    Gula pada makanan manis seperti kue dan permen lebih mudah menempel di sela-sela gigi dan menimbulkan plak gigi. Sisa sisa gula yang menempel di gigi akan berubah menjadi bakteri jika dibiarkan, jadi paling tidak berkumurlah dengan air bersih setelah memakan makanan manis.
  5. Mengunyah permen karet
    Permen karet (yang bebas gula) membantu untuk membersihkan sisa sisa makanan pada celah gigi. Selain itu dengan mengunyah pemen karet akan merangsang mulut untuk menghasilkan air liur yang membantu agar gigi tetap bersih dan tidak kering. Usahakan tidak mengunyah permen karet yang mengandung gula karena dapat merusak gigi.
  6. Stop merokok
    Pada saat menghisap rokok, asap rokok. akan masuk dalam mulut dan memengaruhi jaringan dan organ yang ada pada mulut, termasuk gigi. Asap panas yang ditimbulkan oleh rokok juga akan mengurangi produksi air liur yang menyebabkan bau pada mulut, membuat mulut kering dan membuat lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang. Stop merokok jika memang menyayangi tubuh anda.
  7. Pemeriksaan gigi secara rutin
    Setiap 6 bulan sekali periksalah ke dokter gigi untuk mengetahui apakah gigi sehat atau bermasalah. Lebih baik mengeluarkan sedikit biaya daripada nantinya akan susah diobati jika kerusakan gigi sudah terlalu parah dan bahkan bisa mempengaruhi syaraf.
  8. Jangan menggigit benda keras
    hentikan kebiasaan seperti menggigit kuku, menguyah es batu dan lainya yang dapat merusak bentuk gigi, memang tidak akan langsung kelihatan dampaknya tapi lama kelamaan gigi akan menjadi lemah jika terus terusan digunakan untuk menggigit benda yang keras.

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting, anda menggunakanya stiap kali makan sesuatu dan lagi gigi terhubung langsung dengan sistem syaraf, semakin banyak alasan untuk menjaga gigi dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengurangi kesehatan gigi.

Semoga dengan artikel ini anda dapat lebih memahami akan pentingnya gigi dan tips merawat gigi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!