7 Tips Membeli Rumah Pertama

Tips membeli rumah – Membeli rumah sendiri adalah keinginan banyak orang, terutama bagi mereka yang sudah bekerja dan berkeluarga. Tentu tidak enak jika terus-terusan tinggal di rumah orang tua.

Sebagai kepala keluarga pastilah menginginkan untuk membeli rumah sendiri, namun sebelum membeli rumah harus dipastikan terlebih dulu jika kondisi keuangan mendukung untuk mebayar cicilan rumah tersebut.

Membeli rumah memang suatu hal ayng harus dipikirkan matang-matang dan tidak bisa dilakukan sembarangan, karena transaksi jual beli rumah nilainya sangatlah besar (bisa mencaoai milyaran). Karena itu perlu benar-benar dipikirkan sebelum membeli rumah.

Disini akan dibahas tips membeli rumah agar tidak menyesal nantinya,

tips membi rumah

Tips Membeli Rumah

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Tapi tetap saja keputusan akhir ada di tangan anda.

  1. Waktu membeli rumah
    Prediksi harga properti perlu dilakukan disini, karena ada saatnya dimana harga property jatuh dan itulah saat yang tepat untuk membeli property / rumah.  Hal ini cukup berhubungan dengan banyaknya penawaran, permintaan, dan juga ketersediaan rumah.
  2. Lingkungan
    Jangan pernah memutuskan untuk membeli sebuah rumah (kecuali untuk investasi), tanpa terlebih dulu melihat keadaan lingkungan di sekitarnya. Lihat apakah lingkungan sekitar macet atau tidak, kebersihanya, keamanan dan jauh tidaknya dari tempat perbelanjaan kebutuhan pokok. Dapat juga mencari informasi dengan bertanya-tanya ke penduduk sekitar mengenai lingkungan perumahan tersebut. Jika sudah sesuai dengan yang anda inginkan maka bisa dipertimbangkan untuk membeli rumah tersebut.
  3. Ukuran rumah
    Ukuran rumah perlu dipertimbangkan karena semakin besar ukuran rumah maka semakin mahal juga harganya. Luas rumah mempengaruhi cukup banyak hal seperti kapasitas listrik, biaya kebersihan (biasa lebih tergantung pada jenis perumahan), dan yang paling penting tentukan rumah tersebut akan ditinggali berapa orang. Jika tujuan untuk membeli rumah hanya untuk ditinggali 2-3 orang maka ukuran rumah tidak perlu terlalu besar. Ukuran rumah tidak saya sebutkan disini karena besar kecil sebuah orah sebenarnya subjektif tergantung dari pendaat setiap orang.
  4. Jenis sertifikat
    Penting juga untuk membeli rumah yang sudah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM). Atau paling tidak rumah tersebut sudah memiliki sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB). Harga cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan rumah yang bersertifikat Surat Ijo, tapi perlu diketahui bahwa rumah dengan sertifikat Surat Ijo Masih merupakan property milik negara dan bisa diambil alih sewaktu-waktu jika daerah tersebut diperlukan pemerintah untuk alasan pemngembangan. Untuk menghindari hal tersebut maka belilah rumah dengan sertifikat SHM atau HGB supaya lebih aman.
  5. Budget (kemampuan membeli)
    Jika ingin membeli sebuah rumah maka sebaiknya jangan gunakan seluruh uang yang anda miliki, tapi sediakanlah sedikit dana untuk berjaga-jaga jika ada suatu pengeluaran yang tidak terduga. KPR sangat membantu dalam hal ini supaya anda tidak menghabiskan uang yang dimiliki sekaligus. Namun jangan lupa unutk memperhatikan suku bunga dan inflasi yang diterapkan oleh bank.
  6. Spec bangunan
    Jangan melihat rumah dari luarnya saja, tapi ketahuilah bahan yang digunakan untuk membangun rumah tersebut supaya mengetahui apakah rumah tersebut kokoh dan tidak mudah rusak (contoh : tembok, lantai, dan atap). Karena beberapa rumah sudah berdiri cukup lama dan mungkin memerlukan renovasi agar menjadi kayak untuk dihuni kembali.
  7. Lokasi
    Lokasi merupakan faktor terbesar yang menentukan harga suatu rumah (selain dari luas rumah dan bahan yang digunakan). Semakin dekat lokasi rumah dengan pusat perbelanjaan, mall, atau jalan raya maka kemungkinan harga rumah tersebut akan semakin tinggi karena mudahnya akses ke tempat umum. Memilih rumah yang dekat dengan tempat kerja juga menjadi salah satu pertimbangan untuk mencari rumah di suatu daerah tertentu. Tentu lebih nyaman jika tempat pekerjaan dekat dengan rumah  karena tidak terkena macet dan waktu yang ditempuh di perjalanan tidak terlalu lama.

Memang hal diatas tidak bisa mewakili semua pertimbangan dalam membeli sebuah rumah, tapi paling tidak tips diatas dapat menjadi sebuah patokan untuk membeli sebuah rumah. Jika anda merasa cocok dan nyaman di suatu rumah maka pertimbangkanlah untuk membelinya, karena tidak mudah untuk mencari rumah yang cocok meskipun rumah yang ditawarkan bagus sekalipun.

Leave a Reply

error: Content is protected !!