11 Jenis Foundation Dan Kegunaanya

11 Jenis Foundation Dan Kegunaanya – Foundation adalah jenis make up dengan warna tone kulit yang diaplikasikan di wajah, untuk membuat warna kulit muka menjadi sama rata, selain itu bisa untuk menutupi kekurangan pada wajah (seperti, jerawat, bekas luka, bintik merah, dll), bahkan foundation bisa merubah warna kulit menjadi lebih terang maupun gelap. Foundation biasanya dipakai setelah moisturising dan concealer. Untuk pengaplikasiannya anda dapat menggunakan tangan, kuas foundation maupun spons foundation. Biasanya foundation sudah dilengkapi SPF,  tetapi jika anda merasa kurang, anda bisa menambahkan SPF sebelum menggunakan foundation.
11-jenis-foundation

Macam-macam foundation berdasarkan bentuknya

  1. Stick
    jenis-foundation-stick

Foundation ini cocok untuk anda yang memiliki jenis kulit normal, dan berminyak. Foundation jenis ini lebih praktis dibandingkan lainnya, karena anda tidak perlu kuatir akan tumpah.

Jika anda mempunyai tipe kulit kering, pastikan memakai moisturizer sebelum menggunakan stick foundation, agar hasilnya tidak terlihat cakey (pecah-pecah). Foundation jenis ini tidak disarankan untuk anda yang sudah mempunyai garis halus dan kerutan, karena akan menambah kesan tua.

  1. Mousse / Cream
    jenis-foundation-cream

Seperti namanya foundation jenis ini bentuknya seperti mousse atau cream, cocok untuk digunakan jenis kulit normal dan berminyak, karena foundation jenis ini memberi efek menutupi pori-pori yang besar, dan hasilnya semi matte finish.

  1. Liquid
    jenis-foundation-liquid

Foundation jenis ini berbentuk cair dan gampang untuk diaplikasikan, cocok untuk jenis kulit kering. Tekturnya lebih ringan dibanding jenis lainnya, sehingga lebih terkesan natural dan alami, maka banyak orang lebih memilih foundation jenis ini. Dalam menutupi kekurangan wajah adalah medium sampai full coverage, tergantung seberapa banyak yang anda aplikasikan. Cara pengaplikasiannya, ambil secukupnya untuk satu layer wajah, ratakan pada wajah anda, biarkan sejenak, jika masih ada bagian yang belum tercover anda bisa tambahkan lagi pada bagian yang tidak sempurna, dan ratakan.

Agar tahan lama, setelah menggunakan foundation ini, anda bisa menambahkan bedak tabur, dan menimbulkan kesan matte finish.

  1. Compact / Powder
    jenis-foundation-compact

Foundation compact sebenarnya gabungan antara foundation dan powder. Foundation jenis ini dikemas dalam kemasan compact sehingga lebih praktis, pilihan tepat untuk anda yang mempunyai jenis kulit berminyak.

  1. Oil Based Foundation

Foundation ini mengandung minyak untuk memoisturising kulit anda sehingga terlihat alami. Pilihan tepat untuk jenis kulit sangat kering dan kulit tua, karena bagus untuk menyamarkan garis halus dan kerutan. Jangan lupa untuk mengocok botolnya sebelum menggunakan foundation ini, karena minyak dan foundationnya terpisah dalam botol.

  1. Sheer foundation

Jika anda mencari jenis foundation yang membuat kulit anda natural, dan seolah tidak memakai make up, sheer foundation adalah pilihan yang tepat. Dengan light cover, sehingga tidak akan menimbulkan “cake face”, serta bisa diulang jika ada bagian yang ingin di cover. Cocok untuk jenis kulit normal dan kering serta menghasilkan make up dewy finish.

  1. Matte or Oil free Foundation

Diciptakan untuk anda yang memiliki kulit berminyak, serta tidak mengandung minyak (oil free) melainkan kandungan air, sehingga dapat meresap cepat dalam kulit anda. Jika anda merasa foundation jenis ini terlalu kering maka sebaiknya menggunakan moisturizer atau primer sebelum menggunakan foundation ini.

  1. Mineral Foundation

Bagi anda yang mencari foundation dengan bahan dasar alami dan organik dari alam yang tidak merusak wajah, maka mineral foundation adalah jawabannya. Sangat cocok dengan anda yang memiliki alergi maupun kulit sensitif, selain itu meminimalkan garis halus dan kerutan pada wajah.

  1. Waterproof Foundation

Foundation ini dibuat agar tahan lama, cocok bagi anda yang beraktivitas di luar ruangan, dalam cuaca panas dan lembab ataupun untuk acara yang berlangsung seharian. Foundation ini juga berarti anda membutuhkan make up remover selain cleanser dan air untuk menghapusnya. Selain itu foundation ini bisa menyumbat pori-pori anda jika anda tidak memperhatikan pada waktu membersihkannya, karena dapat menimbulkan komedo dan merusak kulit. Sebaiknya foundation jenis ini tidak dipakai untuk sehari-hari.

  1. BB Cream

Jenis ini popular di Asia dalam beberapa tahun terakhir, BB cream (Beauty Balm) adalah sejenis foundation yang lebih ringan dengan tambahan skin care, seperti SPF, anti oksidan,dll (tergantung merk yang anda pilih)  di dalamnya, dapat mengcover kekurangan pada wajah, tetapi juga melindungi kulit anda. Teksturnya creamy dan melembabkan.

  1. CC Cream

Banyak orang binggung perbedaan antara BB cream dan CC cream tetapi sebenarnya perbedaannya sangat jelas, CC adalah singkatan dari Color Correcting yang berarti mengkoreksi warna kulit anda.

Produk ini dimaksudkan untuk mengatasi perbedaan warna pada kulit anda seperti kemerahan maupun pucat. Jika BB cream adalah foundation yang lebih ringan, maka CC cream adalah untuk koreksi warna wajah, dan teksturnya lebih ringan dan cepat meresap dibandingkan BB cream.

Incoming search terms:

  • jenis jenis foundation
  • jenis foundation
  • jenis-jenis foundation
  • macam foundation
  • macam macam foundation dan kegunaa
  • macam & jenis fundation
  • jenis jenis foundation dan bentuknya
  • bentuk foundation dan kegunaannya
  • jenis jenis foun
  • jenis jenis foudation
  • jenis foundation dan kegunaannya
  • Jenis foundasion
  • gambar foundation dan kegunaan
  • macem macem foundition

Leave a Reply

error: Content is protected !!